Selasa, 27 January 2015

Penduduk dan Tenaga Kerja
Sosial
Pertanian
Industri
Bulog
Perhubungan & Komunikasi
Hotel
Keuangan
PDRB
Data Berkala (Dinamis)
Badan Pusat Statistik
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
Rujukan Statistik BPS
Pusdiklat BPS
Pemerintah Papua Barat
BPS Fakfak
BPS Kaimana
BPS Teluk Wondama
BPS Teluk Bintuni
BPS Manokwari
BPS Sorong Selatan
BPS Sorong
BPS Raja Ampat
BPS Tambrauw
BPS Maybrat
BPS Manokwari Selatan
BPS Pegunungan Arfak
BPS Kota Sorong


::[BRS]:: Jumlah penduduk miskin di Papua Barat kondisi September 2014 sebesar 225.463 jiwa ::[BRS]:: NTP Provinsi Papua Barat Desember 2014 sebesar 99,09 atau turun 1,73 persen dibanding NTP bulan sebelumnya ::[BRS]:: Pada Desember 2014 terjadi Inflasi sebesar 1,74 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,18 ::[BRS]:: Total Pengeluaran Untuk Usaha Per 100 Tanaman Jati Siap Tebang Per Tahun Sebesar Rp 7,7 Juta ::[BRS]:: Jumlah Biaya Per Hektar Usaha Budidaya Rumput Laut Lebih Dari Rp. 5 Juta Jumlah Biaya Per Trip Usaha Penangkapan Ikan Di Laut Menggunakan Perahu Motor Tempel Sebesar Rp.544 Ribu

Produk Unggulan

BPS Provinsi Papua Barat

Sebagai pelopor data statistik terpercaya untuk semua, BPS Provinsi Papua Barat menghasilkan produk unggulan, yaitu:

  1. Provinsi Papua Barat Dalam Angka, merupakan publikasi berupa himpunan data kompilasi dari berbagai SKPD yang menggambarkan data sektoral masing-masing SKPD.
  2. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), merupakan publikasi yang menyajikan perkembangan perekonomian Provinsi Papua Barat seperti PDRB atas dasar harga berlaku dan atas dasar harga konstan, pertumbuhan ekonomi, dan struktur perekonomian.
  3. Indeks Pembangunan Manusia (IPM), menggambarkan capaian pembangunan manusia di Provinsi Papua Barat.
  4. Indikator Kesejahteraan Rakyat, menggambarkan kesejahteraan rakyat yang telah dicapai disajikan menurut dimensi kependudukan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, taraf dan pola konsumsi rumah tangga, perumahan, dan indikator sosial lainnya.

Selain produk unggulan tersebut, berbagai data strategis yang senantiasa dirilis BPS Provinsi Papua Barat secara periodik adalah:

  1. Data Inflasi, menggambarkan perubahan harga-harga dari 317 komoditi. Rilis angka inflasi setiap tanggal 1 setiap bulannya. Pengumpulan data inflasi di Papua Barat di Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari.
  2. Data Nilai Tukar Petani (NTP), menggambarkan perbandingan indeks yang dibayarkan dan yang diterima petani di perdesaan sehingga dapat mengindikasikan tingkat pendapatan petani. NTP dirilis setiap tanggal 1 setiap bulannya bersamaan dengan rilis angka inflasi.
  3. Tingkat Pengangguran Terbuka, menggambarkan angka pengangguran di Papua Barat yang dirilis dua kali setahun yaitu angka pengangguran untuk kondisi Februari dan Agustus.
  4. Angka Kemiskinan, menggambarkan jumlah dan persentase penduduk miskin, indeks kedalaman dan indeks keparahan kemiskinan. Angka kemiskinan dirilis sekali setiap tahun untuk menggambarkan kondisi kemiskinan pada bulan Maret.
  5. Angka Ramalan (Aram) Produksi Bahan Makanan, menggambarkan angka ramalan produksi padi, jagung, kedelai, ubi kayu dan ubi jalar. Disajikan dua kali setahun yaitu Aram I pada bulan Maret dan Aram II pada bulan Juli. Aram I memuat informasi angka sementara produksi bahan makanan pada tahun sebelumnya dan angka ramalan I produksi bahan makanan pada tahun berjalan. Aram II memuat informasi angka tetap produksi bahan makanan pada tahun sebelumnya dan angka ramalan II produksi bahan makanan pada tahun berjalan.
  6. Pertumbuhan Ekonomi Triwulanan, menggambarkan perkembangan perekonomian Papua Barat berdasarkan PDRB dari sisi produksi dan sisi konsumsi serta pertumbuhan ekonomi pada triwulan I sampai dengan triwulan IV.

Baik publikasi dalam bentuk buku atau berita resmi statistik dihasilkan dari kerja keras petugas lapangan hingga di distrik terjauh sekalipun. Gunung-gunung, lembah-lembah, dan laut Papua yang penuh misteri sekalipun, tak menciutkan tekad dan semangat petugas lapangan untuk menghasilkan data yang berkualitas dan data terpercaya untuk semua.

PENCARIAN

PRODUK
Berita Resmi Statistik
Inflasi Provinsi Papua Barat Desember 2014
Nilai Tukar Petani Provinsi Papua Barat Desember 2014
Profil Kemiskinan Provinsi Papua Barat September 2014
Struktur Ongkos Usaha Tanaman Cabai Merah, Cabai Rawit, Bawang Merah, Jeruk dan Pisang Tahun 2014
Lihat Selengkapnya...
Publikasi
Sensus Pertanian 2013 Hasil Pencacahan Lengkap Provinsi Papua Barat
Hasil Pencacahan Survei Pendapatan Rumah Tangga Usaha Pertanian 2013 Provinsi Papua Barat
Analisis Sosial Ekonomi Petani Di Provinsi Papua Barat
Potensi Pertanian Provinsi Papua Barat
Lihat Selengkapnya...






free counters
Free Hit Counter

Badan Pusat Statistik Provinsi Papua Barat
Jalan Trikora Sowi IV No.99, Manokwari, Kodepos 98315
Telp : 0986-214199, 0986-2702414, Fax : 0986-214199, e-mail : bps9100@bps.go.id